Taman Diponegoro, Semarang

Semarang adalah salah satu kota tropis di Indonesia. Terik matahari sangat terasa panasnya di siang hari. Berkaitan dengan hal tersebut, maka Semarang juga memiliki beberapa ruang terbuka hijau yang jumlahnya masih cukup seimbang dengan luas wilayah di Semarang dan kepadatannya.

Beberapa taman yang dapat dijumpai di Semarang antara lain Taman Tabanas, Taman Tugu Muda, Taman Singosari, Taman KB, Taman Diponegoro dan lain-lain. Masih banyak juga ruang terbuka hijau baik dalam skala besar maupun kecil.

Untuk Taman Diponegoro sendiri, menurut survey yang dilakukan oleh harian Suara Merdeka, merupakan taman yang paling digemari oleh masyarakat Semarang untuk saat ini karena estetika nya. Dibandingkan dengan taman yang lain di Semarang, Taman Diponegoro memang memiliki potensi untuk dimaksimalkan. Di sana sudah memiliki beberapa unsur yang baik seperti tanaman dan pohon yang hijau dan rindang, memiliki bangku taman, lampu taman yang cukup terang.

Namun yang menjadi kendala pada taman tersebut adalah akses dan keterjangkauan ke lokasi tersebut. Taman tersebut memang diletakkan sebagai bundaran jalan dari arah Sultan Agung, Gajah Mungkur, RS Elizabeth, dan menuju pusat kota (Simpang Lima). Dengan adanya arus lalu lintas sibuk seperti itu membuat orang yang ingin menuju Taman Diponegoro menjadi malas dan takut untuk menyebrang.

Usul dari kami, sesaknafas01, jika anda ingin menikmati suasana sejuk dan hijau di sana, parkirkan kendaraan anda di toko Tong Hien atau pertokoan yang ada di seberang Taman Diponegoro. Disana ada cukup lahan parkir sehingga tidak perlu bingung jika anda membawa kendaraan untuk kesana. Selain itu, banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti berolahraga, bermain bersama keluarga atau teman-teman, dan lain-lain. Jadi, anda juga bisa membawa bekal kesana dan jangan lupa untuk membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan.

Let’s make our city garden alive and make it a better place for us!

Keep breathing

About these ads

14 Responses so far »

  1. 1

    Adi N said,

    Nice Blog
    Please Visit me back At http://www.adminkidnet.co.cc

  2. 2

    agoy said,

    Well,,
    kalo dikembangin dengan penambahan berbagai fasilitas yang lebih lengkap kayak air mancur, tempat bermain anak,pasti taman diponegoro bakal lebih dikenal oleh masyarakat…
    kadang orang Semarang sendiri nggak tau dimana taman diponegoro…
    payah kan…

  3. 3

    nagita said,

    nge post comment nya koq susah ya??
    btw,, ni taman diponegoro yang di foto nya koq bagus ya??”

    ahahahags

  4. 4

    ScHatZiE said,

    Tuh kan..
    Banyak yang bilang tu foto keren banget..
    Malah bnyak juga yang gag percaya klo tu bneran taman diponegoro.

    Mestinya,,yang asli gag beda jauh lah m yang di poto.
    Coba klo tu taman gag dicuekin gitu ajah..
    Mungkin anak-anak kecil bnyak yang maen disono,,
    bknnya malah nge-dept!!
    Alias nge-department store…

    So guys..
    yang ngerasa masi cinte m ni negara,,
    Jaga dunz generasi penerus supaya punya moral yang gag bobrok..
    Yaa paling gag optimalin lah taman-taman yang kita punya!!
    Toh manfaatnya juga bnyk kan…
    ^_^

  5. 5

    joka said,

    wohoho…

    gak nyangka toh, ntu poto taman diponegoro.. keren lho…

    ngemeng2 masi da lahan ga sih d smng wat bikin taman ijo d tngh kota gtu..??

    sukses ya…
    -=joka=-

  6. 6

    joka said,

    kayanya aq uda comment deh, koq ga masuk ya??

    di mana y lahan kosong d tngah kota d SMG yg bisa dibikin taman lagi??

    oke deh, succes ya..
    sory, comment na singkat, yg kemaren panjang lho, tapi ga masuk oq.. hehe^^

  7. 7

    sesaknafas01 said,

    Untuk kota Semarang sendiri sebenarnya jumlah RTH nya masih memadai dan cukup seimbang dengan aktivitas kota jika dibandingkan dengan kota-kota lain.
    Yang harus dipikirkan adalah bagaimana memaksimalkan RTH yang sudah ada sehingga menjadi lebih maksimal..

    Sedangkan untuk taman kota yang kayak di Taman Menteng Jakarta dan taman-taman kota di luar negeri gitu, menurut kami untuk mendapatkan lahan yang sesuai, dalam hal ini ukuran juga mempengaruhi, harus mengorbankan lahan gedung-gedung yang sudah tidak terpakai dan tidak terurus di kota tersebut. Jadi, gedung-gedung terbengkalai semacam itu bisa disulap menjadi taman kota yang bisa menjadi tempat untuk berbagai macam aktivitas masyarakat.

  8. 8

    orangpelupa said,

    semarang panas dan dimana sih letak taman diponorogo ini? O_o

  9. 9

    rera said,

    bagaimana kalau taman yang ada dijadikan hutan saja?
    pasti mampu mengatasi global warming..

  10. 10

    rera said,

    bagaimana kalau taman yang ada dijadikan hutan saja?
    pasti mampu mengatasi global warming!

  11. 11

    HAloo salam kenal dari gambang semarang, fotonya keren uey..
    My last post: Mengintip Kegiatan Imlek 2010 di Semarang

  12. 12

    ratna said,

    blognya menarik sekali
    ditambah dengan foto – foto tamannya yang sangat indah
    menakjubkan…

  13. 13

    Kikik said,

    artikel yang sangat menarik, dan sangat menarik untuk dijadikan penelitian dengan dikomparasikan dengan taman kota di negara lain, lanjut terus nulis blognya ya.Terima kasih dan salam


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: